Monday 6 July 2015

Microsoft Silverlight Tidak Mendukung Browser Edge di Windows 10

Inilah keputusan yang agak rancu, yang baru saja diambil Microsoft terkait fitur di browser barunya untuk Windows 10, Edge. Browser baru tersebut tidak akan mendukung teknologi yang dikembangkan Microsoft sendiri, yaitu Silverlight. Keputusan itu disebabkan karena Microsoft sendiri memang sudah meninggalkan Silverlight dan berhenti mengembangkannya sejak tahun 2013 lalu.
Sebagai ganti dari Silverlight, Microsoft akan mendukung penuh HTML 5 di Edge, terutama untuk konten streaming. Memang, salah satu fungsi utama dari Silverlight adalah untuk mendukung konten streaming dan karena HTML 5 sudah menyediakan fitur-fitur serupa dengan tingkat penggunaan yang lebih tinggi, Silverlight akhirnya ditinggalkan oleh Microsoft. Perwakilan Microsoft sendiri menyebut HTML 5 menawarkan banyak hal yang lebih baik dan mereka benar-benar mendukung hal itu.

Silverlight sendiri masih digunakan oleh beberapa penyedia layanan streaming di Internet. Tentunya, karena tidak mendukung Silverlight, browser Edge tidak akan bisa menampilkan konten-konten yang masih menggunakannya. Microsoft sendiri tetap menyarankan penggunaan Internet Explorer 11 yang juga akan disertakan di Windows 10 bila pengguna memang butuh menampilkan konten yang masih menggunakan Silverlight.

Microsoft semula mengembangkan Silverlight sebagai alternatif untuk Adobe Flash, yang kini popularitasnya juga mulai menurun seiring perkembangan HTML 5. HTML 5 sendiri saat ini dipandang sebagai “masa depan web” dan banyak pemilik situs ternama mulai mengadopsinya untuk menggantikan teknologi yang mereka gunakan sebelumnya. Terkait hal itu, Microsoft sendiri juga menyarankan peralihan ke HTML 5 untuk pihak yang masih menggunakan Silverlight.

source : JagatReview

No comments: